CONTOH LAPORAN OBSERVASI PEMERIKSAAN PSIKOLOGI MENGGUNAKAN VSMS
PEMERIKSAAN
PSIKOLOGI MENGGUNAKAN VSMS
11/MOW/2014
Nama : Nurmiyanti
NIM : 1371040040
Kelas : A
Tanggal : 21 Desember 2014
Waktu : Pukul 16.17-16.45 WITA
Tempat : Komples PKG (Pabrik Kertas Gowa)
I.
TUJUAN OBSERVASI
Praktikum observasi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana
mahasiswa melakukan observasi pada situasi pemeriksaan psikologi dengan
menggunakan VSMS, mahasiswa mampu membuat kesimpulan mengenai observasi yang
telah dilakukannya, serta mahasiswa mampu mengevaluasi kelebihan dan kelemahan
dari praktek observasi yang telah dilakukan.
II.
PROSEDUR OBSERVASI
Pilihlah seorang individu yang dapat dijadikan subjek. Sediakan
surat kesediaan untuk menjadi subjek, dan mintalah izin kepada orang tua
subjek. Izin orang tua dari subjek dibuktikan dengan identitas dan tanda tangan
yang dibubuhkan pada surat kesediaan. Catatlah perilaku dari subjek tersebut.
Isilah catatan observasi. Item-item yang di observasi sebagian didasarkan pada
item-item yang terdapat dalam VSMS. Selain itu wawancarai pula orang tua atau
wali dari subjek untuk memperkuat data subjek. Setelah melakukan observasi,
beberapa mahasiswa akan di minta untuk mempresentasikan laporan hasil observasi
yang telah di buatnya.
III.
CATATAN
OBSERVASI
A.
Identitas Subjek
Nama : Adri
Jenis Kelamin : Laki-laki
Usia :
11 tahun
Pendidikan Terakhir : TK
Suku Bangsa : Makassar
Status Pernikahan : Belum Menikah
Anak ke : 3 dari 4 bersaudara
Latar Observasi : di ruangan yang berdindinkan papan
kayu diruangan itu terdapat 2 pintu kamar lagi yang ditutupi tiarai. Diruangan
tersebut terdapat lemari kaca dan beberapa karug beras yang tersusun rapi. Di
ruangan tersebut juga terdapat tiang yang berada ditengah. Serta terdapat kursi
dan yang terbuat dari rotan serta meja plastik kecil.
B.
Hasil
Observasi
Bentuk fisik dan konstitusi tubuh dari subjek yaitu tinggi badan 135cm dan berat badan 41 kg dengan bentuk fisik seperti kepala yang memiliki rambut dengan potongan 3,2,1, berkulit kuning
langsat. Kondisi tubuh subjek juga sehat dan energik. Keadaan fisiknya tidak
ada luka. Bentuk muka oval. Ia menggunakan baju kaos coklat dan celana pendek
warna hijau tai kuda.
Saat memasuki ruangan ia menatap observer dengan heran dan agak
buru-buru. Cara berdiri yaitu berdiri dengan tegak dan berjalan dengan cepat
masuk kepintu ruangan tamu dan berhenti degan tiba-tiba saat melihat observer.
Saat berkenalan subjek berjabat tangan dengan observer dengan lembut tanpa ada
usaha untuk menggemgam tangan observer berduarasi sekitar 5 detik. Ekspresi
wajah subjek terlihat bingun dan kaget. Ingkat kesadarannya yaitu compus mentis (keadaan sadar).
Cara duduk subjek yaitu duduk diatas kursi dan sandar dikursi kayu.
Jarak duduk subjek dengan observer yaitu sekitar 1 meter. Posisi duduknya yaitu
duduk dikursi dan menurunkan kakinya. Saat di wawancarai subjek biasa
menggerakkan kepala kesamping, dan mengangguk, serta ia juga biasa
mengoyang-goyangkan kakinya. Eksperi wajah subjek yaitu agak bingun. Cara
bicaranya cepat tapi terkadang ragu-ragu. Reaksi emosianalnya itu subjek
tersenyum. Gerakan tiba-tiba yaitu sedikit jatuh dari kursi.
Saat ditanya sejumlah item tes testi bertanya hal-hal yang
membuatnya bingung dan arah pandangannya kearah atas. Daya tangkapnya bagus.
Cara mengerjakan tes yaitu mendengarkan observer saat membacakan item dan
menjawabnya dengan yakin. Saat ia kesukaran menejermahkan item biasa ia
mengakatan apa maksudnya kakak ?. subjek juga terbuka meerima pertolongan. Dan sikap
terhadap kesalahan yaitu ia biasa bertanaya ulang. Tapi sikap terhadap prestasi
keseluruhan yaitu menerima. Tingkah laku secara akhir tes yaitu agak bingun da
menatap lembar scala dan tersenyum.
Gerakan-gerakan tubuh yang dimunculkan selama peeriksaan yaitu menoleh kekanan dan kekiri serta
menggoyang-goyangnkan kakiknya kedepan dan kebelakang secara berirama. Tidak
ada gerakan yang tida-tiba selam pemeriksaan.
Subjek berhubungan dengan observer dengan ramah, dan tidak ada
perbedaan hubungan subjek dengan observer saat kontak awal dan tahapan
berikutnya. Subjek juga tidak mempengaruh observer untuk memberikan jawaban.
Subjek memperhatikan observer dengan seksama untuk mengetahui jawabanya
sudah benar.
Subjek juga terlihat relaks dan senang saat dites. Subjek terhadap
apa yang ditanyakannya dan ia juga terlihat yaki degan kemampuannya. Ia juga
bersemangat terlibat dalam tes. Subjek memperhatikan dan
mendengarkan pertanyaan yang diberikan oleh observer. Ia biasanya perlu pegulangan instruksi. Tidak
terlalu sulit karenasubjek fokus dengan pertanyaan yang diberikan. Tetapi
subjek tidak memperlihatkan seluruh kemampuannya saat mengerjakan tes. dan iya
memperlihatkan kemampuanya saat diminta oleh observer. Subjek tdak mudah
menyerah, tapi subjek tidak “ngotot” untuk terus mencoba item yang lebih sulit.
Subjek tidak memperlihatkan minat yang bervariasi terhadap tes.
Subjek
percaya diri dengan jawabanya dan subjek menilai cukup objektif hasil kerjanya.
Subjek memperlihatkan tempo kerja yang cepat. Subjek memberika jawaban dengan
memikirkannya terlebih dahulu. Ada
beberapa item subjek memperbaiki jawabannya. Subjek hanya memberikan jawaban
akhirnya. Item no. 86, 90, dan 99 membuat mukanya memerah. Item no 92, 93
membuatnya nyaman sedangkan item no.99 dan 100 membuatnya tidak nyaman. Subjek
tidak tertarik pada sejumlah item. Testi menerima setiap kegagalannya dengan
terbuka. Saat ia dihadapkan dengan item sulit dia jadi lebih sering bertanya
dan mengakui kegagalannya. Subjek tidak agresif. Jika subjek ditanya lebih
lajut tentang suatu item subjek memikirkan kembali jawabannya.
Reaksi
testee terhadap pujian yaitu tersenyum.
Dan ia menerimanya dengan malu-malu. Saat subjek dipuji ia tidak bekerja dengan
giat. Subjek mengekspresikan dirinya sangat jelas karena subjek selalu terlihat
bingung, terkejut, dan merasa nyaman saat mengikuti tes. dan subjek berbicara
denga lancar. Respon yang ditunjukkan juga terarah. Subjek menjawab dengan
spontan apa yang diingatnya. Pembicaraan yang dilakukan tidak didasari oleh
upaya untuk menghindari situasi tes.
Gerakan kaki
subjek yaitu menggoyangkannya kedepan dan kebelakang secara bergantian.
Tangannya sering bertepuk tangan, subjek selalu tertawa saat selesai menjawab
item. Ia memegang material tes saat menulis biodata. subjek tidak kidal, waktu
reaksinya cepat. Ia tidak bekerja dengan trial dan error. Dan subjek bisa
dikatakan terampil.
C.
Identitas Wali
Nama :Fitri Aprilyanti S.Pd.
Jenis Kelamin : Perempuan
Usia :
23 tahun
Pendidikan Terakhir : S1
Suku Bangsa : Makassar
Status Pernikahan : Belum Menikah
Anak ke : 4 dari 5 bersaudara
D.
Hasil Observasi
Tinggi badan subyek ± 160 cm dan berat badan subyek 50 kg, dengan kulit coklat, dan
mengikat satu rambut panjangnya, ia termasuk tipologi….. kondisi tubuhnya terlihat sehat dan kodisi
fisiknya tangan disebelah kiri agak bengkok. Bentuk mukanya oval, dengan mata
ukuran sedang, alis tebal tidak terlalu hitam, bibir yang tebal. Subyek
menggunakan celana training hitam panjang dibagian samping trainingnya ada
garis merah, putih dan biru. Subyek menggunakan kaos putih dengan tuisan Joger
dan gambar Abstrak serta memakai sandal jepit Joger warna ungu juga memakai
kalung besi dengan mata kalung yang berlambangkan lambing dari group band Ungu.
Cara Subyek memasuki ruangan dengan
berbicara kepada temannya dan masuk dengan menundukkan kepala pada pintu
sambil tangannya memegang bingkai pintu sambil tersenyum. Subjek berdiri dengan
postur tubuh yang tegak dan berjalan dengan cepat dari temannya masuk keruangan
dengan cara berjalan terbuka ujung kaki depannya keluar sedikit kesamping.
Subyek mencengkram tangan dengan santai selama sekitar 5 detik. Ekspresi wajahnya
senyum. Tingkat kesadaran subyek yaitu tergolong dalam compus mentis (keadaan sadar).
Saat wawancara subjek duduk diatas balai-balai yang terbuat dari
papan dengan punggung sedikit di bungkukkan. Subjek duduk dekat observer dengan
jarak sekitar ± 45 cm. posisi duduk disamping observer dengan posisi duduk sila.
Saat wawancara subjek sering menggoyangkan jari-jari tangannya dengan
mempertemukan jari telunjuk kanan dan telunjuk kiri dan memutar-mutarnya.
Subjek juga sering menoleh kesamping. Ekspresi wajahnya tersenyum saat
diwawancarai. Cara berbicara cepat dan lantang. Gerakan tiba-tida yang subjek
lakukan mengubah posisi duduk dari duduk sila menjadi duduk dengan kedua kaki
ditekuk didepan badan.
Saat observer bertanya item tes, subjek bertanya untuk memperjelas
item yang ditanyakan kepadanya. arah pandangannya kearah samping ujung matanya.
Terkadang ia juga melihat ke observer langsung. Daya tangkap subjek juga baik
dan dalam menjawab tes subjek mendengarkan observer dengan baik dan menjawab
dengan spontan dengan suara yang lantang tetapi juga sering memikirkan dahulu
sebelum menjawab. Saat subjek mendapat kesukaran ia mengeluarkan suara “mm” dan
arah mata melihat kesamping. Sikap terhadap pertolongan yaitu menerima, sikap
terhadap kesalahan yaitu tetap dengan jawaban awalnya dan sikap terhadap
prestasi keseluruhan menerima. Tingkah laku secara akhir tes yaitu agak bingung
dan ketawa-ketawa. Saat tes subjek
sering melakukan gerakan-gerakan seperti saat situasi wawancara. Gerakan tiba-tiba
yang muncul selama pemeriksaan yaitu meminum minumannya.
Subjek dan observer menjalin hubungan yang baik. Dan tidak terjadi
perbedaan hubungan observer dan subjek saat kontak awal dan tahapan berikutnya.
Dan subjek juga tidak memengaruhi observer untuk memberikan jawaban terhadap
item tes. Subjek tidak memperhatikan observer untuk mengetahui apakah
jawabannya benar atau tidak.
Saat subjek tes ia terlihat relaks, dan tertarik menjawab item-item
tesnya. Subjek juga kelihatan yakin dengan kemampuannya dan bersemangat untuk terlibat dalam tes. Ia
memandang tugas sebagai hal yang menantang karena testi memperhatikan setiap
item tes yang ditujukan kepanya. Tidak selalu memerlukan untuk mengulang
instruksi. Subjek tidak susah mengumpulkan perhatiannya karena dari awal subjek
sudah fokus dari awal. Dan subjek menjawab sesuai dengan apa yang diketahuinya.
Subjek juga memberikan jawaban yang diketahuinya sejak awal tes. Subjek tidak
ngotot untuk item yang susah. Minat subjek terhadap pemeriksaan itu sama saat
pertama tes.
Selama tes subjek cukup percaya diri, dan ia juga cukup objektif
menilai pekerjaannya. Tempo kerja yang diperlihatkannya juga cepat. Sebelum
memberi jawaban ia memikirkannya terlebih dahulu, dan saat memberikan jawaban
subjek tidak lagi mengubahnya. Dan saat tia ingin memberikan jawaban subjek langsung
memeberikan jawaban akhirnya. Subjek tidak tertarik pada sejumlah item
peryataan karena subjek mendengarka seluruh item dengan saksama. Saat subjek
mengalami kegagalan subjek terlihat relaks saja. Diperlihatkannya dengan
menerima kegagalan dengan tenang. Subjek terbuka memberi tahu kegagalannya saat
mendapat item yang sulit. Dan subjek tidak agresi menerima kegagalannya. Jika
subjek ditanya jawaban mengenai suatu item lebih lanjut subjek tetap
mempertahankan jawabannya.
Reaksi subjek terhadapa pujian yaitu tersenyum, dan bersikap
seperti biasa, da pujian yang diberikan membuat subjek tidak membuat subjek
bekerja lebih giat. Subjek selalu tersenyum memperlihatkan ekspresi diriya.
Subjek juga berbicara dengan lancar dan jelas artikulasinya. Dan respon yang
ditampakkan juga terarah. Ia berbicara dengan spontan apa yang diketahuinya.
Dan pembicaraan didasai dengan persahabatan. Gerakan tangannya yaitu sering
mempertemukan jari telunjuk kedua tangannya, ia juga tersenyum dan subjek tidak
memegang materi tes. Subjek juga tidak kidal. Reaksi yang tampak juga cepat,
dan ia juga bekerja dengan teknik coba-coba dan subjek juga sudah cukup
terampil.
IV.
KESIMPULAN
OBSERVASI
Testee
mudah menangkap pertanyaan yang diberikan oleh tester dan menjawab dengan
spontan. Dan dari hasil crosscheck yang dilakukan kepada sepupu subjek sebagai
wali, hampir semua item sama, kecuali item no.99 dan 101,107, dan 109 terlihat
ada perbedaan jawaban.
V.
EVALUASI
OBSERVASI
A.
Kelebihan
Observer
telah mngenal sebelumnya subjek dan wali subjek sehingga memudahkan subjek
dalam mendapatkan informasi.
B.
Kelemahan
Observer
susah membagi fokus karena harus mewancarai dan harus mengobservasi.
Makassar, 23 desember 2014
Observer,
Nurmiyanti
NIM.1371040040
0 comments: