CONTOH LAPORAN OBSERVASI ANECDOTAL RECORD

6:19 AM nl26.blogspot.com 0 Comments

ANECDOTAL RECORD
04/MOW/2014

Nama               : Nurmiyanti
NIM                : 1371040040
Kelas               : A
Tanggal           : 17 November 2014
Waktu             : 13.50-14.06
Tempat            : Pelataran Gedung Phinisi Lt.1

I.         TUJUAN OBSERVASI
Praktikum observasi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mahasiswa melakukan observasi dengan menggunakan model anecdotal record, mahasiswa mampu membuat kesimpulan mengenai observasi yang telah dilakukannya, serta mahasiswa mampu mengevaluasi kelebihan dan kelemahan dari praktek observasi yang telah dilakukan.

II.      PROSEDUR OBSERVASI
Pilihlah seorang individu yang dapat dijadikan subjek. Catatlah perilaku yang menarik dari individu tersebut. Isilah catatan observasi. Setelah melakukan observasi, beberapa mahasiswa akan di minta untuk mempresentasikan laporan hasil observasi yang telah di buatnya. Pada pertemuan selanjutnya, beberapa mahasiswa akan di minta untuk mempresentasikan laporan hasil observasi yang telah di buatnya, serta memeroleh tanggapan dari rekan-rekannya maupun dosen pengampu mata kuliah.
III.   CATATAN OBSERVASI
A.      Identitas Subjek
Inisial                               : F
JenisKelamin                    : Laki-laki
Usia                                  : ± 22 tahun
Pendidikan                       : masih jenjang S1
Suku Bangsa                    : Bugis Indonesia
Status                               : Belum menikah

B.       Hasil Pengamatan
Subjek berjalan dari arah depan gedung phinisi menuju ke jembatan-jembatan di tengah kolam dipelataran phinisi lantai satu. Subjek kira-kira memiliki tinggi sekitar 170 cm dan berat kira-kira sekitar 87 kg. Subjek mempunyai rambut sebahu dengan model kikis dan memiliki warna kulit kecoklatan. Subjek memakai baju berwarna hitam, celana jeans warna hitam panjang  dan sepatu gunung warna coklat. Diujung jembatan ditengah kolam, subjek berhenti berjalan dengan nafas yang terengah-engah. Junior dari subjek mengatakan,”paasti mau itu tidur kakak, hahhahaaa…” . subjek yang tadinya berdiri seketikapun menjatuhkan badannya ke jembatan ditengah kolam untuk berbaring. Saat Subjek berbaring di jembatan, subjek mengatakan ke juniornya,”kasika nafas buatan dulu eee.”. junior yang mendengar subjek mengatakan haln seperti itu maka juniornya mengatakan,”kasiki kodonk cepat kakak nafas buatan, hahaaa….”. lalu Subjek menyambung percakapan dengan mengatakan,”iooo, sembarangmoh disituee cowok cewek yang penting setiaa”. Mendengar subjek mengatakan hal seperti itu juniornya pun serentak tertawa. 

IV.   KESIMPULAN OBSERVASI
Berdasarkan pengamatan yang dilakukan subjek mengalami kecapekan sehabis jalan sehingga Subjek susah mengatur nafas dan berbaring dijembatan diatas tengah kolam.

V.      EVALUASI OBSERVASI
A.       Kelebihan
  Kelebihan dari observasi ini adalah durasi waktu yang singkat dan observer langsung menulis kejadiannya saat itu. Observasi kali ini juga memberikan hiburan yang menarik.
B.   Kelemahan
Observer tidak mencatat saat kejadian berlangsung jadi membuat observer menjadi kesulitan mengingat runtutan peristiwanya secara detail.

Makassar, 18 November 2014
Observer,



Nurmiyanti
NIM.1371040040




You Might Also Like

0 comments: