CONTOH MAPING KOMPETENSI

7:34 AM nl26.blogspot.com 0 Comments

haii,, kali ini saya akan share keteman-teman mengenai contoh Maping Kompetensi yang telah saya lakukan bersama teman-teman.. dan kami mendapat tugas untuk menentukan kompetensi yang di butuhkan untuk jabatan Pembantu Dekan Bidang akademik (PD I) Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar. kompetensi yang di hasilkan teman-teman tergantung pada job desc yang ada. sekali lagi saya harap teman-teman tidak mengopasnya melainkan mengambilnya sebagai bahan pembelajaran atau referensi bagi teman-teman yang mengambil mata kuliah Assesment Center dan Analisis Jabatan turunan Dari Psikologi Industri dan Organisasi. bagi teman-teman yang ingin memberikan masukan silahkan komentar dan jangan lupa share :)

MAPING KOMPETENSI
       I.            Jabatan
Pembantu Dekan Bidang Akademik (PD I)
    II.            Deskripsi Jabatan
Jabatan ini merupakan bawahan langsung dari dekan,  jabatan ini diduduki oleh satu orang yang bertugas membantu dekan dalam bidang akademik  meliputi pendidikan, penelitian, pengabdian, dan kerja sama.
 III.            Tanggung Jawab Utama Jabatan
Membantu Dekan dalam memimpin dan mengoordinasikan pelaksanaan pendidikan, penelitian, pengabdian pada masyarakat, dan kerja sama.
 IV.            Wewenang Jabatan
1.      Menetapkan jadwal perkuliahan, ujian tengah semester, ujian akhir semester, ujian akhir (tugas akhir/skripsi), yudisium dan wisuda mahasiswa
2.      Menetapkan penguji pada ujian akhir (tugas akhir/skripsi) mahasiswa.
3.      Menetapkan pembimbing dalam penyusunan skripsi dan laporan akhir studi mahasiswa.
4.      Menetapkan kebijakan teknis dalam bidang Tridharma Perguruan Tinggi dan kerjasama.
    V.            Kompetensi Jabatan
1.      Planning and Organizing
Deskripsi     : Menetapkan serangkaian tindakan bagi diri sendiri dan orang-orang lain untuk memastikan bahwa pekerjaan diselesaikan secara efektif dan efisien.
Level 3       : Membuat jadwal – Mengalokasikan waktu yang sesuai untuk menyelesaikan pekerjaan sendiri maupun pekerjaan orang lain; menghindari konflik dalam penjadwalan serta membuat batasan waktu dan hasil antara.
Uraian Tugas :
a.       Menyusun rencana dan program kerja fakultas dalam bidang akademik.
b.      Membantu dekan dalam menyusun kebijakan dan norma akademik di tingkat fakultas.
c.       Membantu dekan dalam menyusun dan menetapkan kode etik sivitas akademika fakultas.
d.      Membantu dekan dalam menyusun dan/atau mengubah rencana pengembangan jangka panjang 25 (dua puluh lima) tahun fakultas dalam bidang akademik
e.       Membantu dekan dalam menyusun dan/atau mengubah rencana strategis 5 (lima) tahun fakultas dalam bidang akademik dengan berpedoman pada Renstra universitas.
f.       Menetapkan jadwal perkuliahan, ujian tengah semester, ujian akhir semester, ujian akhir (tugas akhir/skripsi), yudisium dan wisuda mahasiswa dengan mengikuti jadwal yang ditetapkan universitas.
g.      Menetapkan pembimbing dalam penyusunan skripsi dan laporan akhir studi mahasiswa.
h.      Menetapkan penguji pada ujian akhir (tugas akhir/skripsi) mahasiswa.
i.        Menyusun dan menyampaikan laporan pertanggungjawaban pelaksanaan program kerja dalam bidang akademik kepada Dekan.
2.      Work Standards
Deskripsi     : Menetapkan standar kinerja yang tinggi untuk diri sendiri dan orang lain; memperkirakan tanggung jawab agar berhasil dalam menyelesaikan penugasan; memilih untuk menetapkan sendiri standar-standar kerja yang tinggi daripada ditentukan oleh orang lain.
Level 4        : Mendorong orang lain untuk bertanggung jawab – Memberikan dorongan dan dukungan kepada orang lain dalam menerima tanggung jawab; tidak menerima begitu saja penolakan tanggung jawab dari orang lain tanpa bertanya.
Uraian Tugas :
a.       Menyusun rencana dan program kerja fakultas dalam bidang akademik.
b.      Membantu dekan dalam mengolah dan menganalisis data dan informasi pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi, dan kerja sama.  
c.       Membantu dekan dalam menyusun kebijakan dan norma akademik di tingkat fakultas.
d.      Membantu dekan dalam menyusun dan menetapkan kode etik sivitas akademika fakultas.
e.       Membantu dekan dalam menyusun dan/atau mengubah rencana pengembangan jangka panjang 25 (dua puluh lima) tahun fakultas dalam bidang akademik
f.       Membantu dekan dalam menyusun dan/atau mengubah rencana strategis 5 (lima) tahun fakultas dalam bidang akademik dengan berpedoman pada Renstra universitas.
3.      Information Monitoring
Deskripsi     :    Menetapkan prosedur-prosedur yang berkelanjutan untuk mengumpulkan dan memeriksa informasi yang dibutuhkan dalam rangka mengelola suatu organisasi atau aktivitas-aktivitas yang berkelanjutan di dalamnya
Level 3        :    Mengimplementasikan sistem pengecekan – Secara efektif membuat sistem pemantauan tersebut berada pada posisi yang seminimal mungkin dapat mengganggu proses-proses organisasi lainnya.
Uraian Tugas :
a.       Membantu dekan dalam mengolah dan menganalisis data dan informasi pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi, dan kerja sama.  
b.      Membantu dekan dalam mengoordinasikan pelaksanan pendidikan/ pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan kerja sama  sesuai dengan rencana kerja dan anggaran fakultas
c.       Membantu dekan dalam mengoordinasikan pelayanan administrasi dalam bidang akademik.
d.      Mengawasi, mengevaluasi dan mengendalikan pelaksanaan kegiatan perkuliahan/praktikum, penelitian , pengabdian kepada masyarakat, dan kerja sama.
e.       Mengawasi, mengevaluasi dan mengendalikan penggunaan sarana pendidikan yang meliputi antara lain: ruang kuliah, laboratorium, micro teaching, dan sarana pendidikan lainnya.
f.       Mengawasi, mengevaluasi dan mengendalikan pelayanan administrasi akademik fakultas.
g.      Membantu dekan dalam mengoordinasikan penyelenggaraan sistem informasi manajemen akademik berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang mendukung pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi, seperti EPSBED, E-Learning, E-Jurnal, dan E-Library di tingkat fakultas.
h.      Menetapkan jadwal perkuliahan, ujian tengah semester, ujian akhir semester, ujian akhir (tugas akhir/skripsi), yudisium dan wisuda mahasiswa dengan mengikuti jadwal yang ditetapkan universitas.
i.        Menetapkan pembimbing dalam penyusunan skripsi dan laporan akhir studi mahasiswa.
j.        Menetapkan penguji pada ujian akhir (tugas akhir/skripsi) mahasiswa.
4.      Decision Making
Deskripsi     : Mengidentifikasi dan memahami isu, masalah serta peluang; membandingkan data dari berbagai sumber untuk menarik kesimpulan; menggunakan pendekatan yang efektif untuk memilih serangkaian tindakan atau membuat solusi yang tepat; mengambil tindakan yang konsisten dengan fakta, keterbatasan dan konsekuensi yang ada.
Level 7        : Melibatkan orang lain – Melibatkan orang lain dalam proses pengambilan keputusan sebagai jaminan diperolehnya informasi yang tepat; membuat keputusan yang paling tepat dan memastikan adanya dukungan serta pemahaman atas keputusan yang dibuat.
Uraian Tugas :
a.       Menelaah peraturan perundang-undangan dalam bidang akademik.
b.      Menetapkan kebijakan teknis dalam bidang Tridharma Perguruan Tinggi dan kerjasama.
c.       Membantu dekan dalam menyusun dan menetapkan kode etik sivitas akademika fakultas.
d.      Membantu dekan dalam menyusun dan/atau mengubah rencana pengembangan jangka panjang 25 (dua puluh lima) tahun fakultas dalam bidang akademik
e.       Membantu dekan dalam menyusun dan/atau mengubah rencana strategis 5 (lima) tahun fakultas dalam bidang akademik dengan berpedoman pada Renstra universitas.
f.       Melaksanakan upaya pencegahan/penanggulangan terhadap pelanggaran norma dan etika akademik.
g.      Menetapkan pembimbing dalam penyusunan skripsi dan laporan akhir studi mahasiswa.
h.      Menetapkan penguji pada ujian akhir (tugas akhir/skripsi) mahasiswa.
5.      Profitability Focus
Deskripsi     : Mengambil tindakan untuk memaksimalkan kontribusi dari areanya terhadap keuntungan dan pertumbuhan perusahaan. Secara teratur mencari peluang untuk meningkatkan kinerja dan pertumbuhan; mengelola bisnis untuk mempertahankan keuntungan kompetitif; mengambil keputusan-keputusan bisnis berdasarkan analisa cost-benefit, kecakapan berbisnis serta mempertimbangkan keterbatasan dan sumber daya organisasi.
Level 4        : Memahami aplikasi dari sistem dan strategi keuangan Dapat menggunakan sistem dan strategi keuangan yang sesuai guna memaksimalkan arus kas dan memperkecil resiko finansial.
Uraian Tugas :
a.       Menelaah peraturan perundang-undangan dalam bidang akademik.
6.         Team Work
Deskripsi   : Kemampuan menyelesaikan pekerjaan secara bersama-sama dengan menjadi bagian dari suatu kelompok untuk mencapai tujuan untuk organisasi
Level 5      : Menciptakan suasana kerjasama yang akrab- Menciptakan suasana kerjasama yang akrab dengan menanamkan moral kerja yang baik dalam kelompok
Uraian Tugas :
a.       Membantu dekan dalam mengolah dan menganalisis data dan informasi pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi, dan kerja sama.  
b.      Membantu dekan dalam menyusun kebijakan dan norma akademik di tingkat fakultas.
c.       Membantu dekan dalam menyusun dan menetapkan kode etik sivitas akademika fakultas.
d.      Membantu dekan dalam menyusun dan/atau mengubah rencana pengembangan jangka panjang 25 (dua puluh lima) tahun fakultas dalam bidang akademik
e.       Membantu dekan dalam menyusun dan/atau mengubah rencana strategis 5 (lima) tahun fakultas dalam bidang akademik dengan berpedoman pada Renstra universitas.
7.      Kontrol Diri
Deskripsi   : Kemampuan untuk mengendalikan diri pada saat menghadapi masalah yang sulit, kritik dari orang lain, atau saat bekerja di bawah tekanan dengan sikap yang positif.
Level 5      :  Menenangkan orang lain- melakukan tindakan-tindakan untuk mencairkan suasana yang penuh tekanan
Uraian Tugas :
a.       Membantu dekan dalam mengoordinasikan pelaksanan pendidikan/ pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan kerja sama  sesuai dengan rencana kerja dan anggaran fakultas
b.      Membantu dekan dalam mengoordinasikan pelayanan administrasi dalam bidang akademik.
c.       Mengawasi, mengevaluasi dan mengendalikan pelaksanaan kegiatan perkuliahan/praktikum, penelitian , pengabdian kepada masyarakat, dan kerja sama.
d.      Mengawasi, mengevaluasi dan mengendalikan penggunaan sarana pendidikan yang meliputi antara lain: ruang kuliah, laboratorium, micro teaching, dan sarana pendidikan lainnya.
e.       Mengawasi, mengevaluasi dan mengendalikan pelayanan administrasi akademik fakultas.
f.       Membantu dekan dalam mengoordinasikan penyelenggaraan sistem informasi manajemen akademik berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang mendukung pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi, seperti EPSBED, E-Learning, E-Jurnal, dan E-Library di tingkat fakultas.
g.      Melaksanakan upaya pencegahan/penanggulangan terhadap pelanggaran norma dan etika akademik.
8.      Aligning Performance For Success
Deskripsi   : Memfokuskan dan membimbing orang lain dalam menyelesaikan tujuan kerja.
Level 7      : Mengevaluasi kinerja – Secara berkala mengadakan diskusi formal dengan setiap bawahan untuk mendiskusikan kemajuan dari sasaran dan mengkaji kinerja; mengevaluasi setiap area sasaran, perilaku, pengetahuan dan keterampilan.
Uraian tugas :
a.       Mengawasi, mengevaluasi dan mengendalikan pelaksanaan kegiatan perkuliahan/praktikum, penelitian , pengabdian kepada masyarakat, dan kerja sama.
b.      Mengawasi, mengevaluasi dan mengendalikan penggunaan sarana pendidikan yang meliputi antara lain: ruang kuliah, laboratorium, micro teaching, dan sarana pendidikan lainnya.
c.       Mengawasi, mengevaluasi dan mengendalikan pelayanan administrasi akademik fakultas
d.      Melakukan pembinaan bidang akademik bagi dosen melalui kegiatan studi lanjut, seminar, lokakarya, kursus/latihan, dan kegiatan ilmiah lainnya.
9.      Komunikasi
Deskripsi   : Mampu menerima dan menyampaikan informasi secara jelas, baik secara lisan maupun tulisan dengan menggunakan tata bahasa yang baik dan benar untuk menerangkan sesuatu, mempersuasai dan meyakinkan serta membujuk orang lain dalam rangka suatu tujuan tertentu
Level 5      : Mengembangkan komunikasi produktif
Uraian Tugas :
a.       Membantu dekan dalam mengoordinasikan penyelenggaraan sistem informasi manajemen akademik berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang mendukung pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi, seperti EPSBED, E-Learning, E-Jurnal, dan E-Library di tingkat fakultas.
b.      Menyusun dan menyampaikan laporan pertanggungjawaban pelaksanaan program kerja dalam bidang akademik kepada Dekan.
10.  Building Partnership
Deskripsi   : Mengidentifikasi peluang serta mengambil tindakan untuk membangun hubungan yang strategis antara bidang seseorang dengan bidang orang lain, antar tim, departemen, unit atau organisasi untuk membantu pencapaian tujuan-tujuan bisnis.
Level 4      : Memonitor kemitraan Mengimplementasikan cara efektif untuk memonitor dan mengevaluasi hubungan kemitraan serta pencapaian tujuan bersama.
Uraian tugas :
a.       Melakukan pembinaan bidang akademik bagi dosen melalui kegiatan studi lanjut, seminar, lokakarya, kursus/latihan, dan kegiatan ilmiah lainnya.
11.  Delegating Responsibility
Deskripsi   : Mengalokasikan wewenang pengambilan keputusan dan/atau tanggung jawab tugas pada orang yang sesuai untuk meningkatkan efektivitas individu dan organisasi.
Level 4      : Tetap mendapatkan informasi – Membuat prosedur yang sesuai untuk tetap mengetahui isu dan hasil yang dicapai dari area tanggung jawab yang didelegasikan.
Uraian tugas :
a.       Menetapkan jadwal perkuliahan, ujian tengah semester, ujian akhir semester, ujian akhir (tugas akhir/skripsi), yudisium dan wisuda mahasiswa dengan mengikuti jadwal yang ditetapkan universitas.
12.  Analytical Thingking
Deskripsi   : Melakukan analisa terhadap informasi yang diterima maupun situasi yang dihadapi.
Level 1      : menyadari- adanya permasalahan yang dihadapi dalam melaksanakan tugas
Uraian Tugas :
a.       Menelaah peraturan perundang-undangan dalam bidang akademik.


You Might Also Like

0 comments: