CONTOH MAPING KOMPETENSI
haii,, kali ini saya akan share keteman-teman mengenai contoh Maping Kompetensi yang telah saya lakukan bersama teman-teman.. dan kami mendapat tugas untuk menentukan kompetensi yang di butuhkan untuk jabatan Pembantu Dekan Bidang akademik (PD I) Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar. kompetensi yang di hasilkan teman-teman tergantung pada job desc yang ada. sekali lagi saya harap teman-teman tidak mengopasnya melainkan mengambilnya sebagai bahan pembelajaran atau referensi bagi teman-teman yang mengambil mata kuliah Assesment Center dan Analisis Jabatan turunan Dari Psikologi Industri dan Organisasi. bagi teman-teman yang ingin memberikan masukan silahkan komentar dan jangan lupa share :)
MAPING KOMPETENSI
I.
Jabatan
Pembantu
Dekan Bidang Akademik (PD I)
II.
Deskripsi
Jabatan
Jabatan ini merupakan bawahan langsung dari
dekan, jabatan ini diduduki oleh satu
orang yang bertugas membantu dekan dalam bidang akademik meliputi pendidikan, penelitian, pengabdian,
dan kerja sama.
III.
Tanggung
Jawab Utama Jabatan
Membantu Dekan dalam
memimpin dan mengoordinasikan pelaksanaan pendidikan, penelitian, pengabdian
pada masyarakat, dan kerja sama.
IV.
Wewenang
Jabatan
1.
Menetapkan jadwal perkuliahan,
ujian tengah semester, ujian akhir semester, ujian akhir (tugas akhir/skripsi),
yudisium dan wisuda mahasiswa
2. Menetapkan
penguji pada ujian akhir (tugas akhir/skripsi) mahasiswa.
3. Menetapkan
pembimbing dalam penyusunan skripsi dan laporan akhir studi mahasiswa.
4. Menetapkan
kebijakan teknis dalam bidang Tridharma Perguruan Tinggi dan kerjasama.
V.
Kompetensi
Jabatan
1.
Planning
and Organizing
Deskripsi : Menetapkan serangkaian tindakan bagi diri
sendiri dan orang-orang lain untuk memastikan bahwa pekerjaan diselesaikan
secara efektif dan efisien.
Level 3 : Membuat jadwal – Mengalokasikan waktu yang sesuai untuk menyelesaikan
pekerjaan sendiri maupun pekerjaan orang lain; menghindari konflik dalam
penjadwalan serta membuat batasan waktu dan hasil antara.
Uraian Tugas :
a.
Menyusun rencana dan program kerja
fakultas dalam bidang akademik.
b.
Membantu dekan dalam menyusun kebijakan dan norma akademik
di tingkat fakultas.
c.
Membantu dekan dalam menyusun dan
menetapkan kode etik sivitas
akademika fakultas.
d.
Membantu dekan dalam menyusun dan/atau mengubah rencana pengembangan jangka
panjang 25 (dua puluh lima) tahun fakultas dalam bidang
akademik
e.
Membantu dekan dalam menyusun dan/atau mengubah rencana strategis 5 (lima) tahun
fakultas dalam bidang akademik dengan berpedoman pada Renstra universitas.
f.
Menetapkan jadwal perkuliahan, ujian
tengah semester, ujian akhir semester, ujian akhir (tugas akhir/skripsi),
yudisium dan wisuda mahasiswa dengan mengikuti jadwal yang ditetapkan
universitas.
g.
Menetapkan pembimbing dalam penyusunan
skripsi dan laporan akhir studi mahasiswa.
h.
Menetapkan penguji pada ujian akhir
(tugas akhir/skripsi) mahasiswa.
i.
Menyusun dan menyampaikan laporan
pertanggungjawaban pelaksanaan program kerja dalam bidang akademik kepada
Dekan.
2.
Work
Standards
Deskripsi : Menetapkan standar kinerja yang tinggi untuk diri sendiri dan orang lain;
memperkirakan tanggung jawab agar berhasil dalam menyelesaikan penugasan;
memilih untuk menetapkan sendiri standar-standar kerja yang tinggi daripada
ditentukan oleh orang lain.
Level 4 : Mendorong orang lain untuk bertanggung jawab – Memberikan dorongan dan dukungan
kepada orang lain dalam menerima tanggung jawab; tidak menerima begitu saja
penolakan tanggung jawab dari orang lain tanpa bertanya.
Uraian Tugas :
a. Menyusun
rencana dan program kerja fakultas dalam bidang akademik.
b. Membantu
dekan dalam mengolah dan menganalisis data dan informasi pelaksanaan Tridharma
Perguruan Tinggi, dan kerja sama.
c. Membantu
dekan dalam menyusun kebijakan dan
norma akademik di tingkat fakultas.
d. Membantu
dekan dalam menyusun dan menetapkan kode etik sivitas akademika fakultas.
e. Membantu
dekan dalam menyusun dan/atau
mengubah rencana pengembangan jangka panjang 25 (dua puluh lima) tahun
fakultas dalam bidang akademik
f. Membantu
dekan dalam menyusun dan/atau
mengubah rencana strategis 5 (lima) tahun fakultas dalam
bidang akademik dengan berpedoman pada Renstra universitas.
3.
Information
Monitoring
Deskripsi : Menetapkan prosedur-prosedur yang
berkelanjutan untuk mengumpulkan dan memeriksa informasi yang dibutuhkan dalam
rangka mengelola suatu organisasi atau aktivitas-aktivitas yang berkelanjutan
di dalamnya
Level 3 : Mengimplementasikan
sistem pengecekan – Secara efektif membuat sistem pemantauan tersebut
berada pada posisi yang seminimal mungkin dapat mengganggu proses-proses
organisasi lainnya.
Uraian Tugas :
a. Membantu
dekan dalam mengolah dan menganalisis data dan informasi pelaksanaan Tridharma
Perguruan Tinggi, dan kerja sama.
b. Membantu
dekan dalam mengoordinasikan pelaksanan pendidikan/ pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan kerja
sama sesuai dengan rencana kerja dan anggaran fakultas
c. Membantu
dekan dalam mengoordinasikan pelayanan administrasi dalam bidang akademik.
d. Mengawasi,
mengevaluasi dan mengendalikan pelaksanaan kegiatan perkuliahan/praktikum,
penelitian , pengabdian kepada masyarakat, dan kerja sama.
e. Mengawasi,
mengevaluasi dan mengendalikan
penggunaan sarana pendidikan yang meliputi antara lain: ruang kuliah, laboratorium, micro
teaching, dan sarana pendidikan lainnya.
f. Mengawasi,
mengevaluasi dan mengendalikan pelayanan administrasi akademik fakultas.
g. Membantu
dekan dalam mengoordinasikan penyelenggaraan
sistem informasi manajemen akademik berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang
mendukung pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi, seperti EPSBED, E-Learning,
E-Jurnal, dan E-Library di tingkat fakultas.
h. Menetapkan
jadwal perkuliahan, ujian tengah semester, ujian akhir semester, ujian akhir
(tugas akhir/skripsi), yudisium dan wisuda mahasiswa dengan mengikuti jadwal
yang ditetapkan universitas.
i.
Menetapkan pembimbing dalam penyusunan
skripsi dan laporan akhir studi mahasiswa.
j.
Menetapkan penguji pada ujian akhir
(tugas akhir/skripsi) mahasiswa.
4.
Decision
Making
Deskripsi : Mengidentifikasi dan memahami isu, masalah serta peluang;
membandingkan data dari berbagai sumber untuk menarik kesimpulan; menggunakan
pendekatan yang efektif untuk memilih serangkaian tindakan atau membuat solusi
yang tepat; mengambil tindakan yang konsisten dengan fakta, keterbatasan dan
konsekuensi yang ada.
Level 7 : Melibatkan orang lain – Melibatkan orang lain
dalam proses pengambilan keputusan sebagai jaminan diperolehnya informasi yang
tepat; membuat keputusan yang paling tepat dan memastikan adanya dukungan serta
pemahaman atas keputusan yang dibuat.
Uraian Tugas :
a. Menelaah
peraturan perundang-undangan dalam bidang akademik.
b. Menetapkan
kebijakan teknis dalam bidang Tridharma Perguruan Tinggi dan kerjasama.
c. Membantu
dekan dalam menyusun dan menetapkan kode etik sivitas akademika fakultas.
d. Membantu
dekan dalam menyusun dan/atau
mengubah rencana pengembangan jangka panjang 25 (dua puluh lima) tahun
fakultas dalam bidang akademik
e. Membantu
dekan dalam menyusun dan/atau
mengubah rencana strategis 5 (lima) tahun fakultas dalam
bidang akademik dengan berpedoman pada Renstra universitas.
f. Melaksanakan
upaya pencegahan/penanggulangan terhadap pelanggaran norma dan etika akademik.
g. Menetapkan
pembimbing dalam penyusunan skripsi dan laporan akhir studi mahasiswa.
h. Menetapkan
penguji pada ujian akhir (tugas akhir/skripsi) mahasiswa.
5.
Profitability
Focus
Deskripsi :
Mengambil tindakan untuk memaksimalkan
kontribusi dari areanya terhadap keuntungan dan pertumbuhan perusahaan. Secara
teratur mencari peluang untuk meningkatkan kinerja dan pertumbuhan; mengelola
bisnis untuk mempertahankan keuntungan kompetitif; mengambil
keputusan-keputusan bisnis berdasarkan analisa cost-benefit, kecakapan
berbisnis serta mempertimbangkan keterbatasan dan sumber daya organisasi.
Level 4 :
Memahami aplikasi dari sistem dan strategi keuangan – Dapat menggunakan sistem dan strategi keuangan yang
sesuai guna memaksimalkan arus kas dan memperkecil resiko finansial.
Uraian Tugas :
a. Menelaah
peraturan perundang-undangan dalam bidang akademik.
6.
Team
Work
Deskripsi : Kemampuan menyelesaikan pekerjaan secara
bersama-sama dengan menjadi bagian dari suatu kelompok untuk mencapai tujuan
untuk organisasi
Level 5 : Menciptakan suasana kerjasama yang akrab- Menciptakan suasana kerjasama yang akrab dengan
menanamkan moral kerja yang baik dalam kelompok
Uraian
Tugas :
a.
Membantu dekan dalam mengolah dan menganalisis
data dan informasi pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi, dan kerja sama.
b.
Membantu dekan dalam menyusun kebijakan dan norma akademik
di tingkat fakultas.
c.
Membantu dekan dalam menyusun dan
menetapkan kode etik sivitas
akademika fakultas.
d.
Membantu dekan dalam menyusun dan/atau mengubah rencana pengembangan jangka
panjang 25 (dua puluh lima) tahun fakultas dalam bidang
akademik
e.
Membantu dekan dalam menyusun dan/atau mengubah rencana strategis 5 (lima) tahun
fakultas dalam bidang akademik dengan berpedoman pada Renstra universitas.
7. Kontrol Diri
Deskripsi : Kemampuan
untuk mengendalikan diri pada saat menghadapi masalah yang sulit, kritik dari
orang lain, atau saat bekerja di bawah tekanan dengan sikap yang positif.
Level 5 : Menenangkan orang lain- melakukan
tindakan-tindakan untuk mencairkan suasana yang penuh tekanan
Uraian
Tugas :
a. Membantu
dekan dalam mengoordinasikan pelaksanan pendidikan/ pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan kerja
sama sesuai dengan rencana kerja dan anggaran fakultas
b. Membantu
dekan dalam mengoordinasikan pelayanan administrasi dalam bidang akademik.
c. Mengawasi,
mengevaluasi dan mengendalikan pelaksanaan kegiatan perkuliahan/praktikum,
penelitian , pengabdian kepada masyarakat, dan kerja sama.
d. Mengawasi,
mengevaluasi dan mengendalikan
penggunaan sarana pendidikan yang meliputi antara lain: ruang kuliah, laboratorium, micro
teaching, dan sarana pendidikan lainnya.
e. Mengawasi,
mengevaluasi dan mengendalikan pelayanan administrasi akademik fakultas.
f. Membantu
dekan dalam mengoordinasikan penyelenggaraan
sistem informasi manajemen akademik berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang
mendukung pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi, seperti EPSBED, E-Learning,
E-Jurnal, dan E-Library di tingkat fakultas.
g. Melaksanakan
upaya pencegahan/penanggulangan terhadap pelanggaran norma dan etika akademik.
8. Aligning Performance For Success
Deskripsi : Memfokuskan
dan membimbing orang lain dalam menyelesaikan tujuan kerja.
Level 7 : Mengevaluasi kinerja – Secara berkala mengadakan diskusi formal dengan setiap bawahan untuk
mendiskusikan kemajuan dari sasaran dan mengkaji kinerja; mengevaluasi setiap
area sasaran, perilaku, pengetahuan dan keterampilan.
Uraian tugas :
a. Mengawasi,
mengevaluasi dan mengendalikan pelaksanaan kegiatan perkuliahan/praktikum,
penelitian , pengabdian kepada masyarakat, dan kerja sama.
b. Mengawasi,
mengevaluasi dan mengendalikan
penggunaan sarana pendidikan yang meliputi antara lain: ruang kuliah, laboratorium, micro
teaching, dan sarana pendidikan lainnya.
c. Mengawasi,
mengevaluasi dan mengendalikan pelayanan administrasi akademik fakultas
d. Melakukan
pembinaan bidang akademik bagi dosen melalui kegiatan studi lanjut, seminar,
lokakarya, kursus/latihan, dan kegiatan ilmiah lainnya.
9. Komunikasi
Deskripsi :
Mampu menerima dan menyampaikan informasi secara jelas, baik secara lisan
maupun tulisan dengan menggunakan tata bahasa yang baik dan benar untuk
menerangkan sesuatu, mempersuasai dan meyakinkan serta membujuk orang lain
dalam rangka suatu tujuan tertentu
Level 5 : Mengembangkan
komunikasi produktif
Uraian
Tugas :
a.
Membantu dekan dalam mengoordinasikan penyelenggaraan sistem informasi manajemen akademik
berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang mendukung
pelaksanaan Tridharma Perguruan
Tinggi, seperti EPSBED, E-Learning,
E-Jurnal, dan E-Library di tingkat fakultas.
b.
Menyusun dan menyampaikan laporan
pertanggungjawaban pelaksanaan program kerja dalam bidang akademik kepada
Dekan.
10. Building Partnership
Deskripsi : Mengidentifikasi peluang serta mengambil tindakan untuk
membangun hubungan yang strategis antara bidang seseorang dengan bidang orang
lain, antar tim, departemen, unit atau organisasi untuk membantu pencapaian
tujuan-tujuan bisnis.
Level 4 : Memonitor kemitraan –
Mengimplementasikan cara efektif untuk memonitor dan mengevaluasi hubungan
kemitraan serta pencapaian tujuan bersama.
Uraian
tugas :
a.
Melakukan pembinaan bidang akademik bagi
dosen melalui kegiatan studi lanjut, seminar, lokakarya, kursus/latihan, dan
kegiatan ilmiah lainnya.
11. Delegating Responsibility
Deskripsi : Mengalokasikan wewenang pengambilan keputusan dan/atau
tanggung jawab tugas pada orang yang sesuai untuk meningkatkan efektivitas
individu dan organisasi.
Level 4 : Tetap mendapatkan informasi – Membuat prosedur yang sesuai untuk
tetap mengetahui isu dan hasil yang dicapai dari area tanggung jawab yang
didelegasikan.
Uraian tugas :
a.
Menetapkan jadwal perkuliahan, ujian
tengah semester, ujian akhir semester, ujian akhir (tugas akhir/skripsi),
yudisium dan wisuda mahasiswa dengan mengikuti jadwal yang ditetapkan
universitas.
12. Analytical Thingking
Deskripsi : Melakukan analisa terhadap informasi yang
diterima maupun situasi yang dihadapi.
Level
1 : menyadari- adanya permasalahan yang
dihadapi dalam melaksanakan tugas
Uraian Tugas :
a.
Menelaah peraturan perundang-undangan
dalam bidang akademik.
0 comments: